Keteguhan Hati Seorang Ayah




Terdapat sebuah penelitian atas meningkatnya aktivitas kekerasan. Hampir di semua kasus, setiap anggota geng memiliki ciri yang sama yaitu melarikan diri, keluar sekolah, terlibat narkoba dan masuk ke dalam penjara. Mereka masing-masing mempunyai kondisi yang sama yaitu tidak memiliki ayah di rumah. Dengan kata lain, ketika ayah tidak hadir, anak itu akan lima kali lebih mudah untuk bunuh diri, terlibat narkoba dan dua puluh kali lebih mudah untuk masuk ke dalam penjara. Pesan ini cukup keras untuk para ayah. Walaupun pekerjaanmu sangat berat dan keras, tetapi ketika kamu tidak bertugas, pulanglah ke rumah dan cintailah keluargamu.

Adam kehilangan putrinya yang masih berumur 9 tahun, padahal dia belum menjadi ayah yang baik untuk anaknya. Putrinya ingin agar Adam mau berdansa dengannya tapi ia tidak mau melakukannya. Ketika putrinya sudah tiada, Adam sudah tidak memiliki kesempatan lagi untuk berdansa dengan putrinya. Sesuatu yang sangat dia sesali dan sudah terlambat terjadi. 

Banyak ayah tidak mengerti betapa pentingnya tugas dan peran sebagai seorang ayah, padahal Tuhan sudah menunjukkan pentingnya peran ayah melalui firmanNya. Tuhan sangat menginginkan seorang ayah dengan penuh keberanian melangkah dan melakukan apa saja yang harus dilakukan untuk terlibat di dalam kehidupan anak-anaknya. Bukan hanya sekedar ada untuk mereka atau menyediakan kebutuhan mereka, tetapi berjalan bersama mereka dalam menjalani hidup anak-anaknya dan menjadi gambaran nyata dari karakter Tuhan.

Seorang ayah harus mengasihi anak-anaknya dan mencari cara untuk memenangkan hati anak-anaknya. Ayah harus melindungi mereka, mendisiplinkan mereka dan mengajarkan mereka tentang Tuhan. 

Ayah harus menjadi teladan bagaimana berjalan di dalam kebenaran dan memperlakukan orang lain dengan hormat.

Bagaimana bisa seorang anak menuruti keinginan ayahnya untuk tidak merokok padahal dia sendiri sebagai ayah juga merokok? Bagaimana bisa seorang ayah mengajarkan pada anaknya untuk tidak berbohong ketika dia sendiri berbohong?

Seorang ayah harus membawa anak-anaknya menjadi pria dan wanita yang bertanggung jawab di dalam hidup mereka dan melakukan hal yang berarti untuk kekekalan. Tuhan mempercayakan tanggung jawab penting ini pada para ayah.

Tidak semua pria mendapat kesempatan menyandang status sebagai ayah. Selagi masih diberi kesempatan sebagai ayah, maka lakukan tanggung jawab penting sebagai ayah yang sudah diperintahkan dan dipercayakan Tuhan. 

Seorang ayah yang berhasil menjadi teladan dalam keluarganya, akan menjadi teladan bagi mereka yang tidak memiliki ayah dalam hidup mereka. Banyak dari mereka tidak memiliki ayah yang sesungguhnya mereka butuhkan untuk menolong dan mengarahkan.




Pertobatan seorang ayah, sebagai pemimpin keluarga dapat memulihkan seluruh isi rumahnya dan Tuhan akan tersenyum melihatnya. 

Siapa ayah yang memiliki hati yang mau dan berani untuk bergabung dalam resolusi sebagai ayah yang baik berdasarkan firman Tuhan? Ayah yang takut akan Tuhan akan menjadi pemimpin bagi keluarganya dan berkata “Aku yang akan melakukannya!” Dibutuhkan keteguhan hati untuk melakukannya dan Tuhan pasti akan memampukannya. 

Film 'Courageus' ini mengajarkan kita tentang keteguhan hati seorang ayah dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai ayah sesuai dengan firman Tuhan.

Must watch this movie!

Komentar

Postingan Populer