JADI PENULIS

SYARAT KIRIM NASKAH KE PENERBIT

Mau naskah cerita kalian di publikasikan di penerbit? Pahami syarat-syaratnya!
Info lebih lanjut, bisa liat langsung di website penerbitnya ya..

KIRIM NASKAH
Berikut ini kami lampirkan tata cara mengirimkan penawaran naskah kepada kami, Penerbit DIVA Press:
1.   Jika naskah yang dikirimkan adalah naskah fiksi (novel/teenlit), penulis wajib melengkapi naskah tersebut dengan “sinopsis” yang dibuat dalam file terpisah dari isi naskah.
2.   Jumlah halaman naskah novel (selain teenlit) 250–400 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12. Untuk naskah anak (untuk pembaca SD-SMP) dengan ketebalan minimal 50-100 hlm, sedangkan cerita anak (untuk TK-3 SD) dengan ketebalan maksimal 50 hlm.
3.   Jumlah halaman naskah novel teenlit 130–180 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12.
4.   Jika naskah yang dikirimkan adalah naskah nonfiksi (buku agama/buku anak/buku pelajaran, dan sebagainya), penulis wajib melengkapi naskah tersebut dengan “daftar isi” serta “uraian keunggulan” naskah yang ditawarkan dalam file yang terpisah dari isi naskah.
5.   Jumlah halaman naskah nonfiksi 150–250 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12.
6.   Judul email diisi dengan format: penawaran naskah + judul naskah (kode naskah).
Misalnya:
Ke       : redaksi_divapress@yahoo.com
Judul   : penawaran naskah I Found My Heart (Teen)
7.   Jika naskah dikirim via pos atau diantar sendiri, silakan tulis judul dan kode naskah di sudut amplop sebelah kanan.
Misalnya:
Judul   : penawaran naskah Tuntunan Dzikir Sepanjang Hari (Ag)
8.   Kode naskah:
a.   (U)       :  untuk naskah buku umum, misalnya buku pelajaran umum, buku psikotes, buku traveling, dan sebagainya.
b.   (Ag)     :  untuk naskah buku agama Islam, misalnya buku tentang tata cara shalat, buku tentang manfaat puasa, buku wacana keislaman, dan sebagainya.
c.   (An)    :  untuk naskah buku anak, misalnya belajar membaca untuk anak, belajar membaca al-Qur’an untuk anak, belajar menggambar dan mewarnai, dan sebagainya.
d.   (Teen) :  untuk naskah buku remaja dan novel teenlit.
e.   (Nv)     :  untuk naskah novel selain novel remaja/teenlit.
Konfirmasi Naskah
1. Setiap naskah dalam bentuk print out yang dikirimkan ke redaksi DIVA Press dan ditolak, tidak akan dikembalikan kepada penulis. Penulis dipersilakan untuk mengambil naskah tersebut dengan datang langsung ke kantor redaksi maksimal 1 minggu setelah konfirmasi penolakan dari pihak redaksi.
2. Naskah yang sudah dinyatakan ditolak tidak akan diterbitkan oleh DIVA Press dan akan dibuang agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
3. Konfirmasi penerimaan naskah akan diberikan maksimal 1 bulan setelah naskah sampai ke meja redaksi.
4. Naskah yang telah diterima hanya akan diedit oleh staf redaksi DIVA Press yang berwenang.

Bentang Pustaka menerima kiriman naskah fiksi dan nonfiksi dari para penulis Indonesia yang kreatif. Buku-buku dewasa diterbitkan melalui lini Bentang Pustaka & Bfirst. Sedangkan buku anak & remaja melalui lini Bentang Belia. Untuk mengetahui tema/judul yang sudah kami terbitkan, silakan Anda kunjungi www.bentang.mizan.com. Sebelum mengirimkan karya ke Bentang, harap Anda baca dengan detail rincian di bawah ini terlebih dahulu.
1. Bagaimana cara mengirimkan naskah ke Bentang Pustaka?
Untuk mengurangi penggunaan kertas, pengiriman naskah disarankan dalam bentuk data (softcopy) melalui surel (e-mail). Naskah dewasa/umum dikirim ke bentang.pustaka@mizan.comsedangkan anak & remaja ke bentang.belia@mizan.com . Kami akan memberikan surel konfirmasi bahwa naskah Anda sudah kami terima dengan baik.
Bila Anda terpaksa mengirim naskah yang berbentuk cetakan (hardcopy) kirimkan ke PT. BENTANG PUSTAKA Jl. Kalimantan No.9A Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55204 Tlp. (0274) 886010
2. Apa kriteria naskah yang diterima Bentang Pustaka?
Fiksi/nonfiksi untuk kelompok pembaca dewasa, remaja, dan anak-anak.
Karya asli, bukan jiplakan. Bila berbentuk saduran atau terjemahan, cantumkan sumber aslinya dalam naskah.
Tidak sedang atau belum pernah diterbitkan oleh penerbit lain. Bila sudah pernah terbit, sertakan bukti kontrak yang menunjukkan bahwa perjanjian penerbitan sudah selesai/kedaluwarsa.
Tema menarik, up to date, unik, & dibutuhkan pembaca masa kini.
Tidak mengandung unsur pornografi.
Tidak berpotensi menimbulkan/memicu konflik SARA.
3. Bagaimana format pengiriman naskah ke Bentang Pustaka?
Naskah diketik dalam format ukuran kertas kuarto (A4) dengan spasi 1,5 (untuk naskah Bentang Belia, spasi 2)
Margin Top 4, Left 4, Right 3, Bottom 3 (dalam cm).
Jenis font Times New Roman, ukuran font 12pt.
Panjang naskah minimal 200 halaman untuk fiksi/nonfiksi pembaca dewasa; minimal 180 dan maksimal 225 halaman untuk fiksi/nonfiksi remaja; 60 halaman untuk naskah buku anak-anak.
Tuliskan di judul surel Kirim Naskah, diikuti dengan jenis naskah, kategori pembaca atau lini. Misal: KIRIM NASKAH, NONFIKSI, B-first.
Naskah dikirim melalui e-mail dalam bentuk lampiran (attachment), bukan dimasukkan ke dalam badan (box) e-mail. Bentuk data yang dilampirkan bisa berupa file MS Word atau Pdf.
Lampiran e-mail terdiri dari
(1) sinopsis & keunggulan naskah. Bila ada buku yang menjadi referensi sejenis, sebutkan judulnya. Tuliskan sinopsis & keunggulan maksimal dalam 300 kata.
(2) biodata penulis yang berisi nama, alamat domisili, alamat e-mail, nomor telepon rumah dan/atau ponsel
(3) naskah buku. Naskah yg dilengkapi dengan ilustrasi/foto, harap dimasukkan ke dalam teks. Kami akan meminta file foto/ilustrasi terpisah bila naskah sudah dikonfirmasi terbit. Naskah yang berbentuk komik/cergam dikirim dalam format pdf.
4. Berapa lama konfirmasi terbit naskah?
Konfirmasi terbit naskah akan dilakukan dalam 3 bulan sejak naskah anda kami terima.
Konfirmasi naskah akan dilakukan melalui surel.
Redaksi tidak akan memberikan review khusus/personal untuk pengembalian naskah.
5. Naskah Anda belum dikonfirmasi?
Bila lebih dari 3 bulan kami belum memberi konfirmasi, Anda bisa menghubungi pihak Bentang melalui surel dengan menyebutkan judul naskah dan kapan naskah dikirim.
6. Bagaimana nasib naskah yang tidak diterima oleh Bentang Pustaka?
File naskah yang kami tolak akan otomatis dihapus dari komputer.
Naskah yang dikirim dalam bentuk cetakan/cd tidak akan dikembalikan.

#LelangNulisNovel adalah program pemberian wadah bagi penulis yg sudah layak secara teknik untuk menulis novel sendiri dengan pola pendampingan yang saya pegang sendiri dan memiliki komitmen tinggi untuk bekerjasama dengan saya. Setelah novel selesai ditulis, penulis terpilih akan mendapatkan MoU yg layak seperti penulis-penulis profesional lainnya untuk diterbitkan oleh Diva Press Group. Program ini merupakan “jalan tol” untuk menerbitkan novel di DIVA Press Group.
Ketentuan-ketentuan:
Judul ditentukan (tidak boleh diubah)
Setelah dapat judul, silakan buat cerpen berdasarkan ide dan judul tersebut antara 4-5 halaman 2 spasi margin standar dengan DL 3 hari
Semua cerpen yg masuk akan dipilih maksimal 3 saja dan yang dianggap kuat akan diminta untuk melanjutkan membuat sinopsis berdasar cerpen buatannya
Yang tidak layak, otomatis tidak akan diberi balasan lebih lanjut
Dari 3 sinopsis yang masuk, akan dipilih lagi 1 saja yang terbaik untuk melanjutkan ke bab 1 (dengan asumsi tebal novel nantinya antara 120-150 hlm)
Batas pembuatan sinopsis adalah 24 jam terhitung sejak email saya kirim, dan batas pembuatan bab 1 adalah 5 hari sejak sinopsis diACC (tebal bab kisaran 7-15 hlm)
Yang melewati semua tahapan DL tersebut akan digugurkan
Jika penulis yang dipilih tidak bisa berkomitmen memenuhi DL tersebut dan atau hasilnya (bab 1) tidak kunjung sesuai dengan yang saya harapkan meski telah didampingi, maka otomatis haknya sebagai pemenang lelang akan digugurkan dan judul tersebut akan dilelang lagi
Masa penyelesaian novel sampai tuntas sejak ACC Bab 1 adalah 45 hari
Penulis-penulis yg belum lulus lelang kali ini bisa mengikuti lelang berikutnya yang direncanakan akan dibuka tiap hari Minggu atau sesuai kebutuhan khusus
Penulis-penulis yang kira-kira tidak yakin bisa mengikuti DL supaya tidak mengambil program ini agar hasil program ini benar2 efektif buat semua pihak
Gunakan selalu subject #LelangNulisNovel untuk program ini. Semua email hanya dikirimkan langsung ke email saya: ircisod68@yahoo.com
Ide dan judul yang dilelangkan supaya dijaga kerahasiaannya (baik yang terpilih atau pun tidak) karena menyangkut gagasan ekslusif penerbit
Setiap dibuka lelang baru, waktu pendaftarannya akan dibatasi dari pukul 12.00 – 19.00. Pendaftaran setiap lelang cukup dengan mengirim email kosong kepada saya dengan subject #LelangNulisNovel.
Mentionkan ke akun tweeter saya jika kamu sudah mengirimkan email pendaftaran dan mengirimkan cerpen dimaksud. Ini untuk mempercepat saya memproses penilaian terhadap cerpen-cerpen yang masuk.
Silakan memantau selalu timeline saya buat yang berminat ikut #LelangNulisNovel ini. @edi_akhiles
CEO DIVA Press Group

Goresan pena
min 75 hal. gak ada batasan maksimal. TNR 12, spasi 1,5, voucher 15 juni
 pket penerbitan ada 75 ribu (dapet cover, isbn, tapi gak ada laYanan editing dan buku terbit)
225 ribu pket komplit (ada editing, cover, isbn, 1 eks buku terbit
Paket Penerbitan "Goresan Pena Publishing"
Anda ingin menerbitkan buku dan bingung memilih penerbit? Kini hadir untuk Anda "Goresan Pena Publishing (GP Publishing)". Kami menerima karya fiksi dan non-fiksi. Yuks cek paket penerbitan kami :
*Paket penerbitan reguler :
-Di paket ini biaya : Rp 0,-
-Cover dibuat sendiri oleh penulis,
-tidak dapat fasilitas editing namun dapat fasilitas layout,
-dapat ISBN,
-tidak mendapat buku terbit.
*Paket penerbitan seperempat :
-Biaya 75ribu,
-Cover dibuat penerbit tanpa revisi jadi "cover ditentukan penerbit" atau dpt juga di desain sendiri oleh penulis,
-tidak ada editing dan namun dapat layanan layout,
-dapat ISBN,
-tidak mendapat buku terbit.
*Paket penerbitan setengah :
-Biaya 150ribu,
-Dapat fasilitas pembuatan cover yang bisa direquest oleh penulis, 1x revisi,
-ada editing dan layout,
-dapat ISBN,
-tidak mendapat buku terbit.
*Paket penerbitan komplit :
-Biaya 225ribu,
-Dapat fasilitas pembuatan cover yang bisa direquest oleh penulis, 1x revisi,
-ada editing dan layout,
-dapat ISBN,
-mendapat 1 buku terbit.
Nah yang ingin menerbitkan karya Antologi, kami menyediakan paket penerbitan bersama. Fasilitas yang di dapat sama dengan paket penerbitan komplit namun bedanya Anda dapat request/order buku sejumlah yang Anda mau atau sejumlah penulis.
-Biaya 450ribu dapat 5 buku terbit.
-Biaya 550ribu dapat 10 buku terbit.
-Biaya 650ribu dapat 15 buku terbit.
-Biaya 750ribu dapat 20 buku terbit.
-Biaya 850ribu dapat 25 buku terbit.
*catatan : untuk paket penerbitan bersama, buku terbit hanya dikirimkan ke satu alamat, yakni Penaggung Jawab Antologi.
Prosedur Pengiriman naskah dan dana :
Jika Anda berminat untuk menerbitkan karya Anda di penerbit GP Publishing, silahkan Kirimkan naskah Anda ke email kami : goresanpena2012@gmail.com
Dengan subject : Kirimnaskah_Judul karya anda_Nama penulis_paket pilihan.
Kirim kepada kami SINOPSIS, NAMA PENULIS, JUDUL, DAN TULISAN UNTUK BACK COVER.
Mari berkarya, bagi kami semua karya layak untuk dibukukan. Hanya masalah waktu dan kesempatan. GP Publishing "Melayani dan Mengapresiasi".
Terima kasih. :)
Salam Pena,cat.1. paket ini berlaku sejak tertanggal 1 november 2012. jam 19.45.2. jika ada yang belum jelas silahkan inbox ke goresan pena II : http://www.facebook.com/goresan.penaii#

#KeroyokRameRame
Selain program #NerbitinGratis mulai bulan Juli 2013 ini juga Kaifa Publishing, menyelenggarakan event #KeroyokRameRame, event ini merupakan event yang diperuntukan untuk para penulis yang suka menulis cerpen

Syaratnya:
1. Berteman dengan Kaifa Organizing
3. Mengikuti twitter http://twitter.com/publishingkaifa
4. Mengirimkan cerpen bertema remaja (5-8 halaman a4) dan data diri melalui e-mail kaifaorganizing@ymail.com
Keuntungan
1. Setiap 10 cerpen yang masuk akan dibukukan secara self publishing
2. Penulis mendapat royalti 10% dari harga jual buku, dibagi rata semua penulis
3. Event ini gratis, tim kami yang akan melayout isi, editing naskah, dan design cover
4. Tidak ada batas waktu setiap terkumpul 10 cerpen akan kami bukukan :d
So, tunggu apalagi? Segera kirimkan naskah via e-mail ke kaifaorganizing@ymail.com
Subyeknya #KRR_JUDUL CERPEN_Nama pena kamu

PENERBIT HARU Punya naskah novel yang berlatar Korea, Jepang, Indonesia, Perancis atau dari belahan dunia manapun? Jangan khawatir, kami menerima semua naskah Anda melalui syarat-syarat berikut:
Cara mengirimkan naskah ke Haru:
Untuk saat ini kami hanya menerima naskah melalui email. Semua naskah dikirimkan kenaskah.haru@gmail.com (attachment, bukan di copy paste di body email). Kami akan memberikan email konfirmasi bahwa naskah Anda sudah kami terima.
 Syarat pengiriman naskah ke Haru
Jenis naskah yang dibutuhkan adalah naskah fiksi dengan genre drama, romance, romantic comedy, romance fantasy, suspense.
1. Untuk pembaca remaja
Contoh: Oppa & I karya Orizuka dan Lia Indra Andriana
2. Untuk pembaca dewasa muda
Contoh: Then I Hate You So karya Andry Setiawan
3. Untuk pembaca dewasa
Contoh: Khokkiri karya Lia Indra Andriana
Kelengkapan pengiriman naskah
Naskah novel
ukuran kertas A4
margin standard
Calibri 11, spasi 1,5
100-150 halaman
Format data (word-> .doc ataupun .docx). Tidak menerima .rar
Sinopsis
Sinopsis adalah keseluruhan cerita dari awal sampai akhir. Melalui sinopsis redaksi harus tahu keseluruhan alur cerita sampai pada halaman terakhir. Jangan menyembunyikan akhir cerita karena sinopsis di sini bukanlah sinopsis komersial untuk di belakang buku.
Tulislah sinopsis maksimal 4 halaman A4 1,5 spasi dengan Calibri 11.
3. Biodata penulis
Umur minimal 15 tahun
Sertakan nama lengkap, TTL, alamat, no handphone, dan prestasi dibidang penulisan termasuk novel yang sudah pernah diterbitkan secara nasional (oleh penerbit major) (JIKA ADA)
Konfirmasi terbit naskah
Kami akan memberitahu apakah naskah Anda bisa terbit atau tidak terhitung 3-4 bulan sejak naskah Anda kami terima. Apabila Anda belum mendapatkan email konfirmasi, silahkan mengirimkan kembali atau bertanya melalui email yang sama.
Apabila naskah Anda diterima untuk diterbitkan, kami akan menghubungi Anda lebih lanjut. Naskah yang tidak kami terima akan secara otomatis dihapus dari komputer data kami. Masih punya banyak pertanyaan tentang pengiriman naskah? Silahkan bertanya melalui twitter @penerbitharu. Ditunggu karya-karyanya ya!


Komentar

Postingan Populer